Resep Semur Jengkol Khas Betawi Menggugah Selera

Semur Jengkol Khas Betawi. Jengkol, Bumbu Halus, bawang merah, bawang putih, cabe merah kriting, kemiri, ketumbar, daun salam. Source : Sonia Saya suka pete sejak kecil tapi kalau jengkol baru baru aja belakangan ini, gara gara tayangan "bikin laper" nya trans TV. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang biasanya dijadikan lauk pendamping nasi uduk.

Masakan khas betawi yang selalu menemani nasi uduk, semur jengkol khas betawi dibuat dengan proses yang lumayan panjang, tak diragukan lagi soal rasanya. Semur Jengkol adalah makanan khas Betawi asli, dimana buah jengkol di proses sedemikian rupa dengan cara disemur. Bila Anda berkunjung ke rumah orang Betawi, Anda pastinya akan menemukan hampir semua orang Betawi suka pada semur jengkol.

semur jengkol khas betawi, Memasak bisa menjadi suatu kegemaran yang membahagiakan dilakukan oleh bermacam kalangan. tidaklah hanya para perempuan, sebagian pria juga cukup banyak yang senang dengan kegemaran ini. walaupun hanya untuk sekedar kebersamaan dengan teman atau memang sudah menjadi passion dalam dirinya. tak heran dalam dunia restoran sekarang tidak sedikit ditemukan laki laki dengan kemampuan memasak yang mumpuni, dan banyak juga kita jumpai di banyak depot dan cafe yang mempekerjakan juru masak cowok sebagai koki andalan nya.

Baiklah, kita kembali ke hal resep resep olahan semur jengkol khas betawi. di setiap kegiatan kita, kemungkinan akan terasa membahagiakan jika sejenak kita menyempatkan sedikit waktu untuk meracik semur jengkol khas betawi ini. dengan keberhasilan kalian dalam memasak olahan tersebut, dapat menjadikan diri kalian bangga oleh hasil masakan anda sendiri. dan lagi disini dengan perantara situs ini kalian akan memiliki rujukan untuk membuat olahan semur jengkol khas betawi tersebut menjadi masakan yang endess dan nikmat, oleh sebab itu ingat ingat alamat laman ini di komputer anda sebagai salah satu pedoman kita dalam memasak makanan baru yang nikmat.

Jengkol, Bumbu Halus, bawang merah, bawang putih, cabe merah kriting, kemiri, ketumbar, daun salam. Source : Sonia Saya suka pete sejak kecil tapi kalau jengkol baru baru aja belakangan ini, gara gara tayangan "bikin laper" nya trans TV. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang biasanya dijadikan lauk pendamping nasi uduk.

Saat ini langsung saja kita awali untuk mencari bahan baku yang dibutuhkan dalam mengolah masakan semur jengkol khas betawi ini. setidak tidaknya dibutuhkan 20 bahan yang diperuntuk kan di olahan ini. biar nantinya dapat membuahkan rasa yang enak dan sempurna. dan juga sisihkan waktu kalian sedikit, sebab kalian akan memprosesnya paling tidak dengan 5 tahap. saya ingin segala yang dibutuhkan sudah kita siapkan disini, oke mari kita olah dengan melihat dulu bahan perlengkapan berikut ini.

Resep bahan – Semur Jengkol Khas Betawi:

  1. Anda perlu 250 gr – jengkol siap masak.
  2. Anda perlu 2 lembar untuk daun salam.
  3. Siapkan 2 cm untuk lengkuas.
  4. Memerlukan 2 sdm – kecap manis (sesuai selera).
  5. Siapkan 2 cm dari lengkuas.
  6. Anda perlu 1 cm – kunyit.
  7. Perlu 1 cm – kayumanis.
  8. Perlu 1 bh serai.
  9. Siapkan 1/2 sdt untuk merica bubuk.
  10. Memerlukan 1/4 sdt dari pala bubuk.
  11. Persiapkan 5 sdm untuk minyak untuk menumis.
  12. Anda perlu 150 ml untuk air.
  13. Siapkan Sejumput dari jinten.
  14. Persiapkan Secukupnya gula, garam, kaldu jamur.
  15. Persiapkan untuk Bumbu halus:.
  16. Berikan 5 bh dari cabe merah.
  17. Anda perlu 5 bh untuk cabe rawit.
  18. Berikan 5 siung dari bawang merah.
  19. Persiapkan 3 siung bawang putih.
  20. Memerlukan 2 bh dari kemiri, sangrai.

Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang hingga kini masih populer di masyarakat Jakarta. Meskipun makanan ini memiliki ciri khas bau dan tidak semua orang suka. Pasalnya, Jengkol yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang khas menjadikan jengkol yang awalnya. Agar bau jengkol berkurang, anda dapat merendam jengkol di air kapur terlebih dahulu dan merebusnya dengan daun jeruk.

Berikut ini olahan Semur Jengkol Khas Betawi tentang instruksi nya:

  1. Siapkan bahan dan bumbu. Pipihkan jengkol dengan ulekan tapi jangan sampai hancur. Ulek/ blender bumbu halus..
  2. Tumis bumbu halus bersama sereh, lengkuas, daun salam, jinten dan kayu manis sampai harum. Masukkan jengkol aduk rata. Tambahkan gula, garam merica bubuk dan kaldu jamur, masak sampai minyak berkurang..
  3. Masukkan air dan kecap manis. Koreksi rasa. Masak sampai bumbu mengental dan meresap..
  4. Siapkan Bahan garnish: kunyit, kayu manis, daun bawang, daun kemangi,cabe, boncabe bubuk, saus tomat. Alat yang digunakan sendok, saringan teh dan piping bag..
  5. Siap disajikan dalam art on plate sesuai dengan kreatifitas. Revisi pertama: alasnya pakai warna hitam. Kedua: tambah nuansa merah..

Dodol betawi menjadi makanan khas Betawi yang paling diburu oleh mereka yang tak tinggal di Jakarta, biasanya para pekerja yang Disadur dari Jakarta Kita, semur jengkol merupakan makanan yang terinspirasi dari pengaruh budaya luar, yakni budaya Eropa, Timur Tengah, India, dan Cina. Kedua jenis semur jengkol tersebut memiliki perbedaan pada bumbunya sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Yang pertama akan kita bahas adalah cara membuat semur jengkol Betawi. Namun Tak jarang juga pendatang atau wisatawan yang berburu semur jengkol khas Betawi yang katanya memiliki cita rasa sangat sedap meskipun. Bumbu khas semur adalah kecap manis yang dipadukan dengan aneka bumbu dan rempah lainnya, sehingga kuah kental semur berwarna coklat pekat.

Diatas adalah sedikit pembahasan hidangan perihal bumbu bumbu semur jengkol khas betawi yang sempurna. kami ingin anda bisa mengerti dengan penjelasan diatas, dan anda dapat meracik lagi di acara lain untuk di sajikan dalam saat saat even even keluarga atau teman kamu. kita bisa menambahkan resep resep yang tertera diatas selaras dengan keinginan anda, sehingga olahan semur jengkol khas betawi ini dapat menjadi lebih enak dan nikmat lagi. berikut penjabaran singkat ini, sampai jumpa lagi di lain kesempatan. kami harap hari kamu menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *